Kamis, 12 Februari 2015

Tips Agar Bisa Tidur nyenyak

Anda ingin tidur dengan nyenyak?
 
Berikut ini tips agar kita bisa tidur dengan nyenyak :

1. Berolahraga

Banyak sekali manfaat berolahraga, salah satunya membantu anda agar cepat tidur di malam hari dan anda bisa mendapatkan tidur yang nyenyak

2. Jadwalkan waktu tidur anda
Menjadwalkan tidur anda secara teratur juga merupakan hal yang penting dalam mendapatkan tidur nyenyak. Sama kan waktu tidur anda setiap malam, karena dengan mengatur waktu tidur akan membantu metabolisme dalam tubuh anda berjalan baik.

3. Kenali kebiasaan anda

Meneruskan poin ke 2 diatas, begitu anda mengetahui jam tidur anda setiap malam, pastikan anda mempersiapkan segala sesuatu yang biasa anda lakukan sebelum tidur dengan baik agar jam tidur anda tidak terlewat. Sebagai contoh : anda berencana untuk tidur setiap malam pukul 09.00 dan anda mempunyai kebiasaan membaca kurang lebih setengah jam sebelum tidur. Artinya pukul 08.30 maksimal anda harus sudah mulai membaca sehingga pukul 09.00 malam anda sudah tertidur.

4. Jangan mengkonsumsi makanan yang berat sebelum tidur
Pastikan anda tidak makan berat atau terlalu banyak sebelum tidur. Makan malam yang ringan sangatlah disarankan. Saat ini sering saya mendengar orang-orang melakukan diet di malam hari. Banyak rekan-rekan saya mulai melakukan hal ini : mereka makan sedikit nasi atau bahkan tidak makan nasi sama sekali, hanya lauk pauk dan sayur-sayuran saja. Hal ini baik sekali. Perut yang sangat penuh dapat membuat anda kesulitan untuk tidur. Jika anda masih merasa lapar, disarankan mengemil buah-buahan saja dibanding ’junk food’.

5. Matikan komputer anda

Jika anda adalah penggila komputer entah itu untuk browsing ataupun bermain game, disarankan anda membuat jeda antara anda berhenti bermain komputer dengan saat sebelum anda tidur, minimal ½ jam. Biasanya kita akan mengalami kesulitan untuk tidur jika kita langsung berbaring sehabis menggunakan komputer. Relax-kan otak anda sejenak, karena otak anda masih ‘panas’ saat itu.

6. Jangan mengobrol di telepon sebelum tidur

Poin ke 6 ini hampir mirip dengan poin ke 5. Ketika anda mengobrol dengan teman anda di telepon, otak anda saat itu berada pada ‘mode siaga’. Perlu waktu untuk merubahnya menjadi ‘mode tenang’. Luangkan lah waktu sekitar setengah jam untuk mendinginkan otak anda sebelum anda pergi tidur. Otak yang tenang tentu bisa membuat kita tidur dengan nyenyak.

7. Pastikan lampu kamar anda padam

Di dalam sebuah  artikel yang mengatakan bahwa efek cahaya akan merangsang hormon tertentu dan akhirnya mempengaruhi metabolisme di dalam tubuh kita.
Biasanya jika ruangan tempat kita beristirahat dalam keadaan gelap, tidur kita akan nyenyak.

8. Tempat tidur/ Kasur

Tempat tidur juga memberikan pengaruh dalam mendapatkan tidur yang nyenyak. Usahakan lah agar tempat tidur yang anda gunakan bisa membuat anda nyaman sehingga anda bisa tidur dengan nyenyak.

9. Lingkungan tidur anda
Apabila anda sering terbangun hanya untuk mematikan AC atau kipas angin karena kedinginan, hal ini tentu saja mempengaruhi kualitas tidur anda. Aturlah timer pada AC / kipas angin tersebut atau jika tidak terdapat timer, pastikan anda menyelimuti diri anda sebelum tidur sehingga anda tidak terbangun pada saat tengah malam untuk mematikan AC atau kipas angin.

Semoga tips diatas bisa bermanfaat bagi anda, dan anda pun bisa tidur dengan nyenyak.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar